rss
twitter

5 New Post Item

Installasi Ubuntu desktop 8.10

0

posted by | Posted in | Posted on






Linux merupakan Sistem Operasi dengan sumber daya terbuka(Open Source), dengan menggunakan sistem operasi ini pengguna dapat melihat dan memodifikasi sumber daya dari sistem operasi diantaranya konfigurasi file sistem, aplikasi, dan lain-lain yang berada pada sistem operasi ini, sehingga pengguna dapat bereksperimen terhadap aplikasi maupun system operasi (kerusakan di tanggung pengedit).

Linux terdiri dari beberapa distro
diantaranya Mandrax, Redhat, Ubuntu, Suse, dll.

Berhubung yg saya coba Ubuntu Desktop 8.10 maka saya pun akan menulis tentang Sistem Operasi (OS) yg saya cobakan ini.

Untuk mendapatkan OS ini, caranya cukup mudah yaitu dengan mendownload
di ftp://kambing.ui.edu/pub/ubuntu/releases/8.10/ubuntu-8.10-desktop-i386.iso untuk berbasis Intell, untuk berbasis AMD dapat di download dari link berikut ftp://kambing.ui.edu/pub/ubuntu/releases/8.10/, hasil file download ini dapat langsung dapat dipindahkan k CD dengan cara burning image .iso, ataupun dengan meminta pada langsung pada www.shipit.ubuntu.com dengan mengisi form login registrasi dan memberikan informasi request cd maka anda akan dikirimkan menuju alamat yg diberikan, dengan waktu pengiriman selama 4-10 minggu/tergantung wilayah pengiriman.

setelah file didapatkan dan dipindahkan k CD berarti CD Ubuntu bootable sudah dapat dilakukan proses penginstalan.
1. Proses pertama yaitu dengan mengubah posisi booting CD/DVD menjadi pertama pada BIOS.
2. Setelah CD terbaca maka proses penginstalan masuk pada pilihan bahasa yang digunakan,
3. berikutnya pengenalan keyboard, untuk keyboard standard umum yang kebanyakan ada di Indonesia pilihlah standard USA.
4. Pilih konfigurasi Networking, proses ini dapat d skip karena dapat dilakukan konfigurasi setelah instalasi selesai dan masuk ke dalam konfigurasi di dalam sistem operasi.
5. Berikutnya pembentukan partisi, bikin 2 paritisi dengan sistem file Ext3 dan Swap (ini yg saya lakukan) Ext3 digunakan untuk sistem dan Swap digunakan sebagai memory untuk partisi Swap saya memberikan space 1GB dan partisi Ext3 min 5GB (Usahakan diatas 5GB) saya sendiri memberikan 10GB sisanya data dengan file system Fat32 agar dapat diakses oleh OS windows jika dibuat dual OS.
6. Selanjutnya pembuatan account untuk login, isikan sesuai keinginan anda n jangan lupa di simpan atau dicatat biar tak lopa.
7. Biarkan proses berjalan.


hehehehe rebes deh, catatan diatas merupakan proses yang saya lakukan dalam penginstalan OS tersebut. Klo beda meneketehe.... kekekeke

Comments (0)